Walk for Autism Indonesia 2013

Walk for Autism 2013
Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Autisma Indonesia (YAI) menggelar Walk For Autism atau jalan bersama peduli Autisme pada Sabtu (6/4).

Ketua YAI Dr Melly Budhiman, SpKJ mengatakan acara ini merupakan agenda tahunan YAI dalam rangka bulan kepedulian Autisme yang jatuh setiap April.

Melalui kegiatan ini YAI mengajak masyarakat individu Autis adalah bagian dari masyarakat yang juga memiliki kemampuan, mandiri dan dapat diajak bekerja sama.

Selain itu penghilangan stigma negatif di masyarakat juga penting dilakukan agar individu Autis dapat semakin diterima di masyarakat.

“Autis bukanlah penyakit. Yang bisa kita lakukan hanya meminimalisir kondisi,” terang Melly saat ditemui di sela-sela acara.

Individu Autis dapat mengikuti beberapa terapi terkait kondisinya antara lain terapi wicara, terapi perilaku, terapi okupasi dan terapi integrasi sensorik.

Biaya terapi dan penanganan anak Autis diakui Melly terbilang mahal. Dalam sehari Melly mengaku membatasi hanya menerima sepuluh pasien saja.

“Dua orang pasien baru. Sementara delapan lainnya untuk kontrol,” jelasnya. Jumlah ini jauh meningkat ketika pada tahun 1980an ia mengaku menerima dua orang pasien Autis dalam setahun.

Tren jumlah penderita Autis di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Namun dokter Melly mengatakan tidak ada data pasti mengenai prevalensi ataupun jumlah individu Autis di Indonesia.

Dia hanya mencontohkan sepuluh tahun lalu jumlah penduduk di Palangkaraya, Kalimantan ada 250 ribu orang, 20% diantaranya atau sekitar 50.000 adalah anak-anak. Pada saat itu diperkirakan ada 100 anak Autis di dalamnya. (Vera Erwaty Ismainy)

Editor: Edwin Tirani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar